Cara Mengganti Template Blog

Flukutu.com, Cara Mengganti Template Blogger, Sebelumnya kami telah membuat tutorial cara membuat akun gmail dan juga cara membuat blog di blogger, nah tutorial selanjutnya adalah merubah tampilan atau tema dari blog itu sendiri.

Pengertian Template / Thema Secara Umum

Tema dan template adalah elemen yang dapat membantu Anda untuk membuat konten agar terlihat menarik, konsisten, sekaligus bisa menghindari banyak pemformatan manual. Tema adalah kumpulan warna, font, serta efek visual yang sudah ditentukan dan dirancang sebelumnya, yang kemudian bisa diterapkan untuk menghasilkan tampilan menarik dan profesional. 
Template adalah tema ditambah beberapa konten yang memiliki tujuan tertentu, misalnya presentasi penjualan, pelajaran kelas, atau rencana bisnis. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa template adalah elemen desain hasil perkawinan antara warna, font, latar belakang, dan efek. Dalam dunia pemrograman dikenal juga istilah web template, yakni komponen dasar dari sistem template website yang memisahkan antara bagian konten dengan bagian presentasi suatu desain website.  
Jika diibaratkan dengan membedah tahu isi, maka Anda akan menemukan kol, tauge, daun bawang, seledri, dan bahan lainnya. Pada web template, Anda bisa menemukan file HTML, CSS, serta Javascript berisi perintah desain halaman website. Beberapa contoh perintah desain halaman website misalnya seperti pengaturan tata letak teks dan gambar yang ditayangkan, jenis serta ukuran huruf yang digunakan untuk menampilkan teks, warna background halaman website, dan masih banyak lagi. 
Web template adalah perangkat pembelajaran yang fleksibel, karena pada bagian gambar dan teks pada file HTML bisa diganti dengan teks dan gambar milik Anda sendiri. Sangat memudahkan, bukan? Template juga akan memudahkan Anda yang tidak memiliki kemampuan pemrograman website untuk tetap bisa mengembangkan website sesuai keinginan. karena memang sudah banyak web template yang dirancang khusus agar dapat dipakai untuk pemula.  
Jika Anda memiliki sedikit modal pengetahuan seputar bahasa pemrograman, Anda juga bisa mengotak-atik web template untuk membuat sebuah website dengan tampilan yang lebih menarik dan autentik.

Fungsi Template 

Template adalah elemen penting dalam berbagai bidang, termasuk dunia pemrograman. Dengan template, pemula dapat turut membuat atau mengembangkan website yang menarik, tanpa perlu mempelajari berbagai bahasa pemrograman yang rumit, apalagi menjadi ahli dalam desain template. Berikut kami rangkum fungsi-fungsi template yang penting untuk Anda ketahui:
1. Memudahkan Pekerjaan 
2. Membuat Pekerjaan Lebih Cepat Selesai
3. Ragam Pilihan Sesuai Kebutuhan

Cara Mengganti Template Blog

Berikut langkah-langkah mengganti template blog :
  • Pertama-tama silahkan anda masuk ke blogger.com
  • lalu kemudian masuk kebagian Tema
  • Klik panah kebawah
Cara Mengganti Template Blogger
  • Selanjutnya klik Pulihkan
  • Selanjutnya klik Upload
Cara Mengganti Template Blogger
  • Pilih Tema yang anda inginkan, lalu klik Open

  • Berikut Merupakan Tampilan sebelum Mengganti Template.

Cara Mengganti Template Blogger

  • Dan ini merupakan tampilan sesudah mengganti template blog.

Demikianlah tutorial kali ini tentang cara mengganti template blog, semoga apa yang kami tulis ini dapat bermanfaat untuk pembaca blog ini.