Cara Membuat Blog Di Blogger

flukutu.com – Cara Membuat Blog Di Blogger, kali ini kami akan mengulas tutorial cara membuat sebuah blog dari blogger.

Pengertian Blog Secara Umum

Blog adalah media online multifungsi yang semakin populer. Menurut survey, 77% pengguna internet ternyata membaca blog. Tak heran, di tahun 2020, terhitung ada 600 juta blog yang aktif di seluruh dunia. 
Apakah Anda ingin membuat blog juga? Nah, sebelum buru-buru bikin, yuk simak dulu apa itu blog, jenis, fungsi, hingga contohnya di artikel ini. Harapannya, Anda semakin mantap dan siap membuat blog yang keren.
Blog adalah website berupa media online yang berisi konten dalam bentuk artikel, video, dan foto yang dikelola oleh seorang blogger atau beberapa penulis sekaligus. 
Topik yang ditampilkan pada blog biasanya fokus pada satu bidang tertentu. Misalnya lifestyle, finance, kesehatan, teknologi, kuliner, dan sebagainya.
Di Indonesia sendiri, banyak blogger yang telah sukses di dunia blog. Sebut saja, Trinity, Sugeng Riyadi, Sasyachi, Iwan Banaran, dan masih banyak lagi.  
Selain dikelola perseorangan, blog juga banyak digunakan oleh bisnis. Ada banyak fungsi dan manfaat blog yang tentunya menguntungkan untuk bisnis.
Misalnya, sebagai branding, publikasi, hingga mempromosikan produk. Itulah mengapa, 55% marketer memprioritaskan pembuatan blog pada marketing plan mereka.

Perbedaan Blog dan Website 

Mungkin sekarang Anda malah bertanya-tanya. Sebenarnya apa bedanya blog dengan website? Supaya makin paham dengan pengertian blog mari simak penjelasannya berikut ini. 

Website 

Website adalah kumpulan halaman online yang dapat diakses menggunakan internet lewat alamat domain tertentu. Website biasanya berisi suatu informasi mengenai produk atau layanan. 
Karena mayoritas berisi informasi produk atau layanan, website development biasanya juga bersifat statis. Artinya, dari sisi desain website dan kontennya tidak perlu terlalu sering untuk di-update.
Dari segi kepemilikannya, manfaat website biasanya adalah untuk keperluan organisasi, sekolah, lembaga, toko online, bisnis, website company profile, dan sejenisnya. 

Blog 

Blog adalah salah satu jenis website yang berisi konten artikel berupa opini, pengalaman, dan informasi pengetahuan. 
Blog biasanya bersifat dinamis yang kontennya perlu ditambah dan di-update secara berkala. Bisa dikatakan, konten blog adalah nyawa yang menentukan sukses atau tidaknya blog. 
Sementara dari segi kepemilikannya, blog banyak dimiliki oleh perseorangan. Namun, blog juga dimiliki oleh bisnis, perusahaan, dan lembaga untuk promosi dan strategi pemasaran.

Manfaat dan Fungsi Blog

Nah, setelah melihat ulasan sejarah blog yang kian populer, kira-kira apa saja fungsi blog dimanfaatkan banyak orang? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!  
1. Sebagai Sarana Publikasi 
2. Sebagai Portofolio Online 
3. Sarana Branding  
4. Mempromosikan Produk atau Jasa 

Jenis Blog

1. Blog Pribadi/Personal

Jenis blog yang pertama ialah blog pribadi atau personal. Di awal kemunculannya, blog memang dimanfaatkan untuk tujuan pribadi. Bisa dikatakan, blog itu jadi semacam jurnal harian online untuk mencatat pengalaman pribadi. 
Menulis blog pribadi, juga tidak terikat aturan tertentu. Penulis blog bebas menentukan konten seperti apa yang ingin ditulis. Bisa mengenai cerita percintaan, pengalaman berlibur, resep makanan, dan sebagainya. 
Meski sifatnya personal, tidak sedikit pula orang yang mendulang sukses dari menggeluti jenis blog ini. Misalnya Trinity Traveler. Blog pribadi milik Trinity ini berisi pengalamannya traveling keliling dunia. Karena kisah-kisah uniknya, blog ini juga sukses diangkat menjadi buku dan film. 

2. Blog Profesional 

Nah, berbeda dengan blog personal, jenis blog profesional biasanya memiliki satu topik khusus tertentu. Konten-konten dalam blog profesional juga dibuat khusus untuk menunjukkan profesionalitas pemilik blog. 
Misalnya, Anda seorang ahli di bidang SEO dan digital marketing. Anda bisa membuat blog berisi konten-konten sesuai topik yang Anda kuasai. Dengan menulis blog di bidang keahlian, Anda pun akan dikenal sebagai expert. 
Beberapa contoh blog profesional yang bisa Anda jadikan referensi misalnya, Gari Cruze di bidang copywriting. 

3. Blog Bisnis atau Perusahaan (Content Marketing)

Seiring perkembangannya, banyak perusahaan yang memanfaatkan blog untuk tujuan tertentu. Seperti mempromosikan produk, mengumpulkan leads, mendatangkan pengunjung ke website bisnis atau toko online. 
Semisal, Anda memiliki toko online sepatu. Anda bisa membuat konten blog terkait sepatu, Misalnya, cara merawat sepatu, memilih sepatu yang cocok, dan sebagainya. 
Nah, kalau konten blog tentang sepatu tersebut muncul di halaman pertama atau bahkan ranking satu di Google, calon konsumen jadi lebih gampang menemukan bisnis Anda. Jadi, bisnis Anda terlihat makin kredibel dan berpeluang mendapatkan konsumen. 

Cara Membuat Blog Di Blogger

Jika diatas kita sudah menjelaskan Pengertian Blogger, fungsi blogger, kelebihan dan kekurangan blogger, selanjutnya kita akan menjelaskan bagaimana cara membuat blogger itu sendiri.
Berikut langkah-langkah membuat blog di blogger :
1. Pertama-tama silahkan anda menuju ke blogger.com
2. Langkah selanjutnya anda bisa langsung klik sign atau create (Lihat gambar dibawah).
Cara Membuat Blog Di Blogger

3. Selanjutnya anda akan diarahkan untuk login menggunakan akun gmail yang ada miliki.

4. Langkah selanjutnya anda akan di minta untuk memasukan nama / judul blog anda, misal seperti blog yang anda baca ini “Bahas Tutorial”. Lalu klik Berikutnya.

Cara Membuat Blog Di Blogger

5. Selanjutnya masukan alamat, alamat ini yang nantinya akan menjadi identitas dan alamat blog anda, misalnya anda memasukan alamat ” bahastutorialku” maka nantinya alamat blog anda menjadi www.bahastutorialku.blogspot.com.

Perlu di ingat, pastikan saat memasukan alamat blog tertulis “Alamat blog ini tersedia” yang artinya anda bisa menggunakan alamat tersebut untuk blog anda, jika amat tidak tersedia sebaiknya gati dengan alamat blog lain nya.
Selanjutnya klik Berikutnya.

6. Langkah berikutnya adalah konfigurasi nama tampilan anda, artinya anda di minta untuk memasukan nama penulis yang nantinya akan muncul sebagai nama penulis di blog anda. jika sudah klik selesai.

Cara Membuat Blog Di Blogger

7. Kini blog anda telah selesai di buat, untuk melihat tampilan dari templtae atau tampilan blog danda silahkan anda klik Lihat Blog.

8. Berikut merupakan tampilan dari blog yang sudah anda buat tadi.

Cara Membuat Blog Di Blogger

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara Membuat Blog Di Blogger, semoga apa yang kami tulis di blog ini menjadi bermanfaat untuk orang banyak, khususnya pembaca blog ini.
Terimakasih