31 Istilah Gotong Royong Ditiap Daerah

 

Pengertian Gotong Royong

flukutu.com – Gotong Royong adalah salah satu kebudayaan bangsa Indonesia yang melekat sebagai bagian dari identitas diri. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sendiri, kata Gotong Royong ini dimaknai sebagai suatu perbuatan bekerja secara bersama-sama yang melibatkan aksi tolong menolong, bantu membantu. Gotong Royong ini erat pula dengan istilah lain yakni Kerja Bakti yang diartikan sebagai kerja secara bersama-sama secara sukarena untuk kepentingan bersama tanpa upah atau gaji.

Kerja bakti untuk berbagai keperluan termasuk ritual keagamaan atau masalah adat kemasyarakatan yang bersifat tulus ikhlas, seperti dalam acara ngarap. Kegiatan kerja bakti ini merupakan penerapan konsep ‘kerja untuk sebuah persembahan’ atau dikenal dengan istilah Karma Marga Yoga.nah oleh sebab itu berikut ini 20 istilah gotong royong di setiap daerah yang berhasil kami rangkum :

1. Ngacau gelamai 

Tradisi yang berasal dari warga bengkulu, biasanya gotong royong ini membuat kudapan seperti dodol, mengayun sendok bertangkai kayu untuk mengaduk adonan yang bernama gelamai.

2. Alak tau 

Gotong royong warga dayak rindang benua, melakukan ritual alak. Ritual dilakukan dengan menacapkan sebatang kayu kedalam tanah, untuk membuat awal penanaman padi. Setelah itu hasil panenya dilakukan untuk keperluan ibadah.

3. Marsialapari 

Budaya lokal dari masyarakat mandailing, sumatera utara yang melakukan gotong royong untuk saling tolong menolong dalam hal berkebun.

4. Nugal 

Gotong royong dari kalimantan barat ini, berkeja sama melakukan lahan yang akan ditanami buah-buahan, sayur-sayuran. Hasil panen akan dibagikan sebagai rasa terima kasih atas bantuan tenaga.

5. Ngayah

Masyarakat bali, bekerja sama sukarela untuk melaksanakan membantu tetangga maupun orang lain seperti membantu tetangga kesulitan, kegiatan ibadah dan lain-lain.

6. Gemohing

Gotong royong warga Nusa Tenggara Timur, dalam membantu warga tetangga kampung secara sukarela, seperti membangun rumah, memanen, menanam ladang dan lain-lain.

7. Song-osong lombhung

Gotong royong masyarakat madura yaitu memikul lumbung bersama-sama, untuk kebentingan banyak orang.

8. Sambatan

Gotong royong berasal dari yogyakarta. Membantu sesama untuk membangun rumah, hajatan, panen dan lain-lain.

9. Mappalette Bola

Gotong royong membantu memindahkan rumah dengan diangkat bersama-sama. Gotong royong ini berasal dari sulawesi selatan

10. Grebuhan

Kerja bakti masyarakat gunung kidul, yogyakarta. Sepeti membangun jalan, mendirikan pos, bali desa dll.

11. Liliuran

gotong royong saling membantuk mengelola lahan, hingga panen. Gotong royong ini berasal dari sukabumi, jawa barat.

12. Nyambungan nyambungan 

Gotong royong ala suku baduy, menyumbang sesuatu kepada warga yang sedang melakukan hajatan atau pesta.

13. Alang tulung

Berasal dari Aceh, bergotong royong untuk melekatakan kesukuan

14. Mapalus

Budaya dari suku minahasa, mengerjakan secara bersama-sama dengan spontan tanpa pamrih.

15. Kuriak

Gotong royong asal subang, jawa barat. Seperti bersih-bersih kampung, membuat jalan, membangun mesjid dan lain-lain

16. Batobo

Berasal dari Riau, bergotong royong membangun, mengelola lahan.

17. Ammossi

Bergotong royong membuat kapal, perahu pinisi untuk proses sakral dan budaya. Budaya ini berasal dari sulawesi selatan.

18. Masohi

Gotong royong asal maluku, sikap tolong menolong dan saling membantu untuk tujuan tertentu.

19. Helem Foi Kenambai Umbai

Budaya warga papu, membuat festival untuk meningkatkan ekonomi warga papua

20. Sabilulungan

Kerja sama untuk melakukan kesenjangan sosial bersama dari jawa barat, tatar sunda

21. Sambatan

Jember Jawa Timur, Budaya kerja sama antar masyarakat yang diadakan di daerah pesisir timur Jawa yang mencakup mata pencaharian, membangun atau pindah rumah, pernikahan, dan kematian.

22. Sidapari

Tapanuli Utara, Sumsel, Kegiatan bercocok tanam yang dilakukan masyarakat Batak Toba untuk mengerjakan tanah dari masing-masing anggota kelompok dan secara bergiliran. Keanggotaan kelompok sifatnya sukarela dan masa berdirinya tergantung persetujuan peserta.

23. Pawonda

Waingapu, Nusa Tenggara Timur , Kerja sama yang melibatkan sekelompok orang untuk membangun sebuah rumah dengan upacara khusus seperti berpuasa dan beramai-ramai mengukir tiang pancang.

24. Ammossi

Bulukumba, Sulawesi Selatan. Kerja sama sekelompok orang untuk memberi pusat pada pertengahan perahu yang dilanjutkan dengan menarik perahu tersebut ke laut.

25. Helem Foi Kenambai Umbai

Jayapura, Papua, Semangat kerja sama untuk menghasilkan karya di Festival Danau Sentani, yang bertujuan menggerakan ekonomi dan memberi kesejahteraan kepada masyarakat melalui kegiatan Pariwisata dan ekonomi kreatif.

26. Paleo

Nunukan, Kaltim, Kegiatan perayaan yang melibatkan kerja sama sekelompok masyarakat dengan tujuan memohon berkat Tuhan, agar padi yang ditanam menghasilkan bulir yang berlipat-lipat hingga membawa kemakmuran. Perayaan diadakan berpindah-pindah dari satu desa ke desa lainnya setiap tahun.

27. Bari

Ternate, Maluku Utara. Budaya kerja sama dalam festival kora-kora untuk menumbuhkan kembali semangat bahari kepada generasi muda Ternate.

28. Song-osong lumbhung

Bangkalan Madura, Istilah kerja sama yang ada di lingkungan masyarakat Madura, termasuk pekerjaan bertani garam. Umumnya petani di Madura bekerjasama pada saat mengumpulkan garam yang nantinya akan membentuk bukit-bukit garam yang berwarna putih di seluruh areal pembuatan garam.

29. Gugur Gunung

Daerah Istimewa Yogyakarta, Gugur Gunung memiliki makna kerja sosial yang harus dilakukan secara bersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan berat yang seolah-olah seperti meruntuhkan gunung.

30. Hoyak Tabuk

Padang Pariaman, Sumatera Barat, Kerja sama masyarakat di acara ritual tolak bala untuk membawa serta mengayak Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang menjelang matahari terbenam.

31. Mapalus

Minahasa, Sulawesi Utara , Kerja sama masyarakat untuk saling menolong secara aktif dalam mencapai tujuan bersama misalnya bekerjasama membantu tetangga pindah rumah dengan mengangkat rumah tersebut ke daerah yang baru.

Nah sobat flukutu.com, itu tadi kumpulan istilah gotong-royong dari berbagai daerah. semoga bermanfaat ya.

Rizaluye